Kalau mau copy paste tulisan di blog ini mohon minta ijin dan menyertakan link penulis

Jumat, 03 April 2015

Kilau Permata Batu Natural Zircon

natural zircon
Mungkin ada yang belum pernah mendengar tentang batu ini. Ada juga yang cuma sering mendengar nama batu sintetis Cubic Zirconia. Atau cuma tahu tentang batu sintetis kecil-keci, batu tabur kecil sebagai penghias ikat batu. Tapi bila sudah menjadi penggemar batu mulia sejak lama nama batu ini pastinya sudah tidak asing lagi. Batu ini adalah Natural Zircon, batu alam asli bukan sintetis buatan pabrik / man-made gems. Batu yang sangat terkenal akan luster berliannya. Kilaunya hampir sama dengan kilau batu Intan, karena mempunyai indek bias yang cukup tinggi (diatas batu safir dan ruby) R.I. 1.78 sampai 2.01 mendekati batu Intan dengan R.I. 2.417.
hyacinths
Ada bermacam sebutan berdasarkan warna untuk batu ini. Batu Zircon tanpa warna (colorless Zircon) disebut dengan "Matura Diamond" atau "Berlian Matara" biasanya mempunyai visualisasi dan luster yang sangat mirip dengan berlian sehingga digunakan sebagai pengganti batu Intan, bisa disebut sebagai "poor man's diamond". Batu zircon dengan warna biru cerah sampai pucat disebut dengan Starlites. Blue Zircon atau Starlites kebanyakan mendapatkan warna biru dengan treatment pemanasan. Sedangkan batu Zircon dengan warna kuning kehijauan, orange, dan merah disebut dengan Hyacinths. Batu Natural Zircon banyak terdapat di negara-negara seperti Sri Lanka (Ceylon), Thailand, Kamboja, Tanzania, Madagascar, Pakistan, Afganistan, dan Mozambique. Untuk wilayah Negeri tercinta Indonesia belum ditemukan batu Zircon dengan ukuran yang bisa diasah. Batu ini banyak terdapat di daerah Kalimantan Barat, Singkawang. Ada beberapa tambang pasir zircon di daerah itu.
starlites
Batu Zircon termasuk dalam kategori permata. Harga batu zircon bervariasi tergantung kwalitas dan ukuran. Banyak beredar batu sintetis Cubic Zirconia sebagai imitasi dari beberapa batu permata, salah satunya menjadi imitasi batu Zircon. Oleh karena itu, pecinta batu mulia harus jeli dan pandai-pandai ketika akan mengkoleksi batu Natural Zircon. Paling tidak pelajari kharakteristik batu-batu natural, dan minimal disertai memo lab. gemology ternama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar anda, spam saya hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...