Kalau mau copy paste tulisan di blog ini mohon minta ijin dan menyertakan link penulis

Minggu, 10 Januari 2016

Mengenal Keluarga Beryl

goshenite beryl
Goshenite Beryl
Beryl adalah mineral yang sudah tidak asing lagi di telinga para pemain batu. Beberapa Batu Mulia dari keluarga Beryl menjadi jenis yang sangat dicari oleh para pemain batu. Sebut saja Zamrud atau Aquamarine, kedua batu yang masih saudara ini menjadi incaran kolektor. Masih ada beberapa batu dari mineral beryl yang belum banyak diketahui, tentunya cukup layak juga untuk di koleksi, bahkan ada jenis yang sangat langka.
emerald beryl
Emerald Beryl
Jenis-jenis batu yang termasuk dalam mineral Keluarga Beryl adalah Goshenite Beryl, Emerald, Aquamarine, Green Beryl, Morganite Beryl, Red Beryl, Yelow Beryl, Maxixe Beryl, dan Heliodor Beryl. Semua mempunyai susunan kimia yang sama yaitu Beryllium Alumunium Silicate, dengan kekerasan pada angka 7,5 dalam Skala Mohs. Diantara batu mulia keluarga Beryl tersebut yang paling langka dan jarang ditemukan adalah Red Beryl dan Maxixe Beryl. Salah satu yang special adalah Maxixe, karena radiasi alam, kalau dipakai terus menerus warna bisa menjadi pudar, untuk mengembalikan warnanya dilakukan radiasi buatan.
aquamarine beryl
Aquamarine Beryl
Batu Mulia keluarga Beryl mempunyai susunan kimia yang sama namun penamaan berbeda karena adanya unsur tambahan yang menyebabkan batu ini mempunyai warna. Oleh karena itu Beryl termasuk dalam Allochromatic Crystal, warna batu disebabkan oleh ketidakmurnian mineral penyusun atau penambahan unsur kimia tertentu. Batu Beryl bisa disebut Emerald atau Zamrud ketika ditemukan unsur Chromium dalam susunan kimianya. Kalau sekedar hijau tanpa ada unsur Chromium, batu Beryl itu tidak bisa disebut sebagai Zamrud / Emerald tetapi sekedar Green Beryl. Cara paling sederhana untuk membedakan antara Green Beryl dan Emerald Beryl adalah dengan Filter Chelsea. Batu yang mengandung unsur chromium akan terlihat berwarna merah ketika dilihat dengan filter ini. Catatan khusus filter chelsea tidak bisa untuk identifikasi batu secara umum, dalam kasus ini cuma untuk melihat adanya unsur chromium atau tidak.

Unsur penambah warna pada batu Beryl bisa dilihat pada keterangan dibawah ini:

Unsur Pewarna
Chromium (Warna Hijau = Emerald / Zamrud
Vanadium (Warna Hijau) = Green Beryl
Iron (Biru Muda) = Aquamarine
Manganese (Pink)= Morganite
Manganese (Red)= Red Beryl/Bixbite
Iron (Kuning)= Yellow Beryl/Heliodor Beryl
Irradiasi Natural (Biru) = Maxixe
Beryl Murni (Collorless / Tanpa Warna)= Goshenite

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar anda, spam saya hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...